Asal Muasal Air di Bumi Menurut Ilmuan dan Al-Qur'an

   Air adalah elemen penting bagi kehidupan di bumi, semua makhluk hidup di bumi memerlukan air untuk kelangsungan hidup.

Image result for gambar air

   Air merupakan salah satu penghuni planet bumi. hampir dua pertiga permukaan bumi ditutupi oleh air. Bisa kamu bayangkan hamparan tanah yang tidak ditutupi air hanya sepertiga bagian.

Dan sepertiga bagian bumi itu dihuni oleh milyaran manusia, hewan, dan tumbuhan. Sungguh pengaturan yang menakjubkan dari sang maha pencipta.

   Tahukah kamu? dari jumlah air yang menutupi bumi ,97,2%-nya berupa air laut. Jadi hanya ada 2,8% air tawar ini meliputi:
[-] 0,76 air bawah tanah
[-] 0,0132% air danau dan sungai
[-] 1,74% gletser dan es
[-] 0,001% uap air


Dari manakah Air Berasal?


  Ada beberapa teori yang mencoba menjawab pertanyaan di atas. Berapa ilmuan berkenaykinan bahwa air ada sejak awal pembentukan bumi. Beberapa ilmuan lain berpendapat bahwa air ada setelah bumi terbentuk dan berasal dari komet.

   Beberapa ilmuan percaya bahwa bumi terbentuk sejak 4,5 milyar tahun yang lalu. Ketika bumi sedang terbentuk, susunan atmosfer masih sederhana dan mengandung beberapa bahan kimia beracun. Diantaranya bahan-bahan kimia yang ada,terdapat pada unsur-unsur pokok yang di butuhkan untuk membentuk air.


   setelah terbentuk,bumi mengalami pendinginan dan lahar berubah menjadi tanah dan batuan seperti yang kita kenal sekarang. Pendinginan ini terjadi seiring dengan terbentuknya uap air di atmosfer.

Aktivitas vulkanik mulai berkurang dan atmosfer dipenuhi debu-debu vulkanik. Debu-debu vulkanik menghalangi sinar matahari masuk ke bumi.

Akibatnya, uap air yang sudah terbentuk di atmosfer mengalami kondensasi dan jatuh ke bumi sebagai hujan. hujan tsb berlangsung selama beberapa tahun.

sejalan dengan pendinginan bumi oleh air hujan,kekuatan dari dalam bumi membentuk daratan dan lautan yang sangat luas.

Update 6 Febuari 2017



Air berasal dari
koetobjek trans-Neptunus, atau meteorit (protoplanet) yang kaya akan air menabrak Bumi.

Para ilmuan menyatakan air di bumi berasal dari luar angkasa yang luas,

"setiap tahun ada puluhan juta kepingan es sebesar 100ton yang jatuh ke bumi dari ruang angkasa"
Bila orang melihat mungkin air yang ada bumi dari dulu hingga sekarang ini berasal dari luar angkasa yang luas.

Para peneliti Universitas Hawai mengatakan bahwa mungkin pada permulaan di bumi tidak ada air dan air muncul di bumi berasal dari ruang angkasa.

Menurut penelitian ilmiah terbaru ini telah di temukan bahwa air berasal dari meteor yang menabrak bumi selama jutaan tahun lalu.

Asal air menurut Al-Qur'an

Allah SWT mengatakan:

"Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya. (Al-Mukminun : 18)"
Ayat ini telah membuktikan Asal muasal air sebelum manusia mengenal alat canggih dan sebelum manusia mengenal ilmu astronomi. Sebuah fakta yang terbukti secara ilmiah.

Penutup...

Semua yang saya sampaikan tadi mudah-mudahan bisa menambah wawasan anda tentang ilmu pengetahuan. Semoga Bermanfaat
Share on Google Plus

About Juanda

Seorang blogger muda yang gemar bermain game dan juga ngeblog sembari menghasilkan uang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts