Belajar mengenal molekul air

   Image result for molekul air


Ahli kimia mengatakan air terdiri dari molekul-molekul air. Setiap molekul air disusun oleh satu atom oksigen dan dua atom hidrogen. Oleh karena itu, air diberi rumus kimia H2O. Jadi, dalam ilmu kimia, air biasa ditulis sebagai H2O. Dalam keadaan murni, air mempunyai derajat keasaman (pH) 7, yang berarti air bersifat netral-tidak asam dan tidak basa/pahit.

   Air mempunyai indeks panas spesifik yang tinggi. Ini berarti bahwa air menyerap banyak panas sebelum air mulai memanas. Jadi, air memanas dan mendingin lebih lambat dibandingkan zat lain. Oleh karena itu, industri-industri memanfaatkan air sebagai pendingin.

Harga indeks panas spesifik yang tinggi menyebabkan perbedaan suhu antara siang dan malam atau antara musim panas dan musim dingin selalu konstan dalam batasan-batasan tertentu.

Keadaan ini memungkinkan manusia dan makhluk hidup lainnya dapat bertahan hidup. Jadi, pertanyaan mengapa perbedaan suhu di gurun antara siang dan malam hari sangat besar, dapat dijawab dengan sifat air ini.


suhu di gurun pada siang hari sangat dingin. itu karena gurun merupakan daerah yang kering dan tidak banyak mengandung uap air. Berbeda dengan daerah di dekat laut, perbedaan suhu antara siang dan malam tidak terlalu besar.


    Air tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Air mendapat julukan sebagai pelarut terbaik. Mengapa? Air dapat melarutkan banyak bahan, seperti garam, gula, gas, asam, basa, dan alkohol.

Oleh karena itu di mana air mengalir- baik di tanah atau di dalam tubuh kita, air membawa bahan kimia , mineral, dan zat gizi bersamanya. Karena sifatnya sebagai pelarut itulah air hampir tidak pernah ditemukan di alam dalam keadaan murni.

   Pada suhu 20*C, air mempunyai kerapatan sebesar 0,998 g/cm kubik atau sering dibulatkan menjadi 1g/cm3. Air mempunyai titik beku 0*C dan titik didih 100*C.

Yah itu dia Belajar mengenal molekul air,Semoga bermanfaat
Share on Google Plus

About Juanda

Seorang blogger muda yang gemar bermain game dan juga ngeblog sembari menghasilkan uang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts