Sejarah alat hitung dari zaman prasejarah sampai sekarang

Sejarah perkembangan komputer tidak lepas dari perkembangan alat hitung dari yang sederhana sampai pada yang rumit. Berikut diuraikan sejarah perkembangan alat hitung.

1. zaman prasejarah

     Pada zaman prasejarah nenek moyang kita belum mengenal tulusan dan lambang bilangan,tetapi nenek moyang kita dapat menghitung dengan bantuan keratan pada pohon atau menggunakan bantuan lidi. Perhitungan model ini digunakan untuk menghitung beberapa ternak yang kembali pada sore hari dengan membuat keratan pada pohon.
    Selain menggunakan keratan dan lidi,nenek moyang kita menggunakan jari tangan atau anggota tubuh lainnya, batu kerikil, serta simpul-simpul pada tali.

2. Abacus

      Abacus adalah alat hitung sederhana yang ditemukan di babilonia (irank) pada tahun 2500 SM. Abacus paling tua dutemukan du mesopotamia di pulau salamis dan hieroglyph fir'aun di Mesir. Abacus atau yang lebih dikenal dengan sempoa masih banyak di gunakan oleh bangsa china dalam perdagangan. cara kerja sempoa adalah menaikkan atau menurunkan biji-biji dengan jari.

3. Mistar

    Mistar hitung Napier's Bone adalah alat hitung untuk menghitung perkalian . Alat ini dibuat oleh jhon Napier's Bone pada tahun 1550-1617 dan terbuat dari tulang. Jhon Napier's dianggap sebagai penemu logaritma dan alatnya sebagai dasar dari mistar hitung.

4. Kalkulator Schickard's

    Alatini merupakan pengembangan dari alat hitung Napier's Bone dengan kemampuan dapat melakukan perkalian dan pembagian. Kalkulator Schickard ini merupakan kalkulator mekanik yang berkerja dengan kemampuyan 16 digit. Alat ini dikembangkan pada tahun 1623.

5. Pascaline

     Blaise Pascal membuat kalkulator dengan ukuran 18 inchi dan berkerja dengan menggunakan 16 digit. Akan tetapi , alat ini hanya dapat melakukan penambahan dan pengurangan saja. Blaise Pascal mengembangkan alat hitung ini pada tahun 1623-1662.

6. Sir Samuel Morlad

     Sir Samuel Morland mengembangkan mesin hitung yang mampu melakukan penambahan, pengurangan ,perkalian,dan pembagian . Mesin ini ditemukan pada tahun 1666 dan dianggap sebagai mesin pengali pertama.

7. Mesin hitung leisbnitz's

     Gottfried Wilhem von leibnitz pada tahun 1673 menemukan alat hitung yang merupakan pengembangan dari mesin hitung pascal. Leibnitz menambahkan pengaturan roda-roda pada gigi yang memungkinkan kalkulator melakukan perhitungan perkalian dan pembagian
      Leibnitz juga menambahkan sestem bilangan biner( Binary Bumeration), yaitu sebuah sistem perhitungan yang lebih mudah ditangani mesin di bandingkan dengan sistem desimal.



Share on Google Plus

About Juanda

Seorang blogger muda yang gemar bermain game dan juga ngeblog sembari menghasilkan uang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts