Penjelasan Air tanah, dan sumur

Air Tanah

    Tahukah kamu bahwa salah satu sember air yang kita butuhkan berada di bawah telapak kakimu? Ya, sesuatu yang tidak terlihat olehmu, bahkan mungkin tidak kamu sadari keberadaannya. Di bawah permukaan tanah yang kita diami terdapat air yang mengalir. Air semacam ini disebut air bawah tanah. Air bawah tanah mengalir di sela-sela lapisan bumi.

    Air bawah tanah terdapat di antara partikel-partikel tanah seperti lumpur,pasir,dan kerikil.
Air bawah tanah juga dapat ditemukan dalam bongkahan batuan di dalam tanah. Daerah bawah tanah tempat ditemukannya air bawah tanah di sebut akuifer.

    Tahukah kamu tentang sumur? Mengapa orang membuat sumur? ya, tepat sekali. Orang membuat sumur agar dapat mengambil air bawah tanah. Sumber air sumur diperoleh dari akuifer. Dengan air sumur itulah orang dapat mencukupi kebutuhan air sehari-hari.

Contoh sumur-sumur yang dibuat untuk mencukupi air:
1. Sumur gali, yaitu sarana mendapatkan air tanah dengan cara menggali dan menaikkan airnya               menggunakan timba/ember yang diikat tali tambang.

2. Sumur pompa tangan, yaitu sarana mendapatkan air tanah dengan cara mengebor dan menaikkan
    airnya dengan pompa dengan tenaga tangan.

3. Sumur pompa listrik, yaitu sarana mendapatkan air tanah dengan cara mengebor dan menaikkan
    dengan dipompa dengan tenaga listrik.

   Air bawah tanah berperan penting dalam menyediakan air bersih. Air bawah tanah lebih aman diminum dari pada air permukaan tanah. Mengapa? Proses penyaringan dan pemurnian air terjadi di dalam tanah.

Akan tetapi,proses penyaringan dan pemurnian ini menjadi tidak efektif dengan adanya sampah,pupuk,dan bahan-bahan kimia yang merembes ke dalam tanah.Semoga bermanfaat
Share on Google Plus

About Juanda

Seorang blogger muda yang gemar bermain game dan juga ngeblog sembari menghasilkan uang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts