Sejarah Perkembangan Komputer

Pengertian Komputer

     Komputer Berasal dari kata "Computare" Yang berarti menghitung.Dulu komputer digunakan untuk menghitung angka yang rumit dan bannyak Pada awalnya komputer hannya digunakan sebagai alat hitung tapi semenjak perubahan zaman Komputer makin maju dan canggih.
     Ayok sekarang kita belajar Sejarah Perkembangan Komputer.
Komputer melalui beberapa zaman yaitu:

*Komputer Sebelum Tahun 1940

1. Pada Tahun 1642

  Blaise Pascal menciptakan mesin hitung pertama pada tahun 1642..Mesin ini beroperasi dengan menggerakan gir-gir roda.Pascal juga telah banyak menyumbangkan ide dalam bidang matematika dan bidang peluang.Mesin hitung Pascal kemudian di sempurnakan oleh William Leibntiz.

2. Pada Tahun 1816

  Charles Babbage membuat mesin/alat yang diberi nama "the difference engnine".Mesin ini dapat menyelesaikan masalah perhitungan yang rumit dalam sekaligus.Mesin ini menggunakan sebuah kartu untuk menyimpan hasil kerja,melalukan perhitungan secara otomatis,dan mengeluarkan bentuk catatan dalam kertas.Konsep mesin Babbage mengejutkan ilmuan pada masa itu dianggap terlalu maju.Babbage lalu membuat alat yang disebut The anlytical engnine.Kedua alat yang dibuat oleh Charles Babbage inilah yang menjadikan cikal bakal komputer pada masa ini.

*Perkembangan Komputer Setelah tahun 1940

  a.Komputer generasi pertama (1940-1959)

   Komputer generasi pertama masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya.Komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang rumit.Ukuran komputer generasi pertama sangat besar dan prosesnya pun masih lambat.
Contoh komputer generasi pertama adalah  ENIAC (Electronic Numerical Integrator and calculator)

  b.Komputer generasi Kedua (1959-1964)

    Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum walau pun keduanya mudah terbakar.Pada komputer generasi kedua,diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data,yaitu dengan penyimpanan secara magnetik menggunakan besi besi lunak yang dililit oleh kawat.Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibanding generasi pertama.
Contoh komputer generasi ke dua: DEC PDP-8, IBM 700,dan IBM 7094.

 c.Komputer generasi ketiga (1964-1980)

     Komputer generasi ketiga dibiat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam suatu tempat .Tampilan dari komputer juga disempurnakan. Selain itu,komputer generasi ketiga penyimpan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal).
Contoh Komputer Generasi ketiga: (APPLE II,IBM PC,dan NEC PC)

 d. Komputer Generasi keempat (1980-sekarang)

     Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintregrasian dalam sakla yang sangat besar atau very large sacla integration (VISI). Pengolahan data tepat waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC ( personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frane. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core,dan Core to duo. Generasi ini juga mewujudkan suatu komputer yang disebut komputer super (super computer).




  





Share on Google Plus

About Juanda

Seorang blogger muda yang gemar bermain game dan juga ngeblog sembari menghasilkan uang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts